Belajar dari Siapapun dan Kapanpun

Hakikatnyan belajar bukan hanya kita duduk dan mendengarkan guru berceramah berjam-jam, tapi hakikatnya belajar adalah bagaimana kita menjadi pribadi lebih mulia dengan ilmu dari proses kita belajar.

Belajar juga bisa dari mana saja, dan kapan saja, terutama belajar mengenai hidup. Saya termasuk orang yang suka mengamati hal-hal implisit dibalik banyak perilaku orang lain. Selain karena sensitif dengan hal itu, hanya juga bisa dapet hal-hal baru yang nggak kalah hebatnya dibandingkan ceramah seorang dosen.

Contohnya, saya justru banyak belajar dari orang-orang kecil di sekitar saya. kemarin tumben saya naik kereta dari Semarang buat pulang kampung ke Tegal. Di kereta saya ketemu sama cleaning service yang khusus bersih-bersih kereta. Dengan kondisi kereta Ekonomi yang penuh sesak, panas, dan jauh dari kesan nyaman, bahkan banyak penumpang yang berkeluh kesah karena kepanasan, cuek, acuh dengan kondisi sekitar, muncullah seorang cleaning service dengan membawa plastik besar mengumpulkan botol-botol dan sampah di kereta agar bersih ketikatiba di stasiun Tegal. Namun ditengah suasana kereta yang pengap, cleaning service tersebut berjalan perlahan dengan teliti melihat keadaan sekitar dengan TERSENYUM dan RAMAH.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s