Developing Yourself by Developing Others

Di organisasi manapun, ada yang namanya senior sm junior, it’s depend on the batch, the experience, the year they join the organizatio or whatever it is, pasti ada senior atau junior, walaupun nggak secara official, tapi pasti ada yang paling tidak merasa diseniorkan atau dijuniorkan.

Hal yang paling sering memunculkan konotasi senior dan junior itu biasanya pengalaman, biasanya yang lebih berpengalaman diseniorkan, dan yang kurang berpengalaman bisanya merasa jadi junior. Nah, ngomongin masalah pengalaman, itu kaitannya sama pembelajaran, dan pengembangan.

Di Organisasi, ketika kita jadi senior, punya banyak pengalaman, istilahanya orang yang udah makan asam garam di organisasi tersebut, banyak pelajaran yang udah di dapet, pengembangan diri juga pasti udah banyak didapat. Kalo bahasa ilmiahnya, kita udah lebih berilmu. Tapi jadi senior jangan cepet puas, masih banyak pelajaran yang harus didapatkan dan DIBAGIKAN kepada Juniornya, ingat, DIBAGIKAN !!!

Menurutku, Senior yang baik bukan mereka yang selalu ingin menambah pengalaman dengan mengambil semua kesempatan yang ada, akan lebih bijak kita mengambil kesempatan untuk berbagi pengalaman, pengembangan diri, pembelajaran sama Junior, karena tanpa disadari itulah esensinya senior dan junior, itulah esensinya kaderisasi, itulah esensinya sebuah organisasi. DEVELOPING OURSELF, BY DEVELOPING OTHERS.

Jadi pesen buat para senior, bergailah sama junior, berbagi apapun yang kita bisa bagi, terutama pengalaman, kesempatan, pembelajaran. Itu jauh lebih bijak dibandingkan dengan mengambil kesempatan sendiri, pengalaman dimakan sendiri, embelajaran untuk diri sendiri..Esensinya adalah DEVELOPING OURSELF, BY DEVELOPING OTHERS. Kita mengembangkan diri kita melalui mengembangkan orang lain…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s