Seni Mengapresiasi

Beberapa hari ini sering ngobrol sama beberapa orang, entah sama temen, Mentor, sama Entrepreneur sekalipun. Dan kesimpulan dari beberapa hari perbincangan dengan beberapa orang ini saya dapet kesimpulan yang menarik tapi menggelitik. kenapa menggelitik ? Karena sebenranya hal ini adalah hal simpel tapi dampaknya nggak sepele.

Baiklah, jadi kesimpulannya adalah dalam hidup kita mesti banyak MENGAPRESIASI orang lain. Kenapa mengapresiasi itu penting ? Karena mengapresiasi itu membangkitkan kebanggaan orang lain terhadap apa yang mereka kerjakan. Kita ambil contoh dari anak-anak. Anak-anak akan semakin bangga ketika mereka dipuji, mereka akan lebih rajin mengerjakan sesuatu ketika diapresiasi oleh orang tuanya. Jadi, alkisah ada pagi hari, seorang anak yang mengambil uang Ibunya untuk dibelikan mainan tanpa ijin. Namun pada sore hari si anak ini mengatakan jujur apa yang sudah diperbuatnya tadi pagi. Tapi apa reaksi si ibu ? Dia memarahi anaknya habis-habisan, menghardiknya bahkan mencaci dan menuduhnya pencuri. Apa akibat bagi sang anak ? Di lain hari si anak akan takut untuk berkata jujur, dia akan enggan mengatakan yang sebenarnya, bahkan untuk sekedar bercerita kepada sang Ibu.

Bayangkan saja apabila seorang Ibu tadi memberikan sanjungan kepada anaknya yang telah berkata jujur, apa kabar apa bila si ibu mengapresiasinya dengan pujian bahwa kejujuran itu yang terpenting..

Ini pelajaran penting untuk pemimpin dan calon pemimpin. Menghargai orang yang dipimpin bukan perkara sulit, dengan ucapan terimakasih tulus dari seorang pemimpin menjadikan pondasi harmonis dalam sebuah dinamika kepemimpinan. Dengan mengorangkan orang lain, kita akan mendapatkan motivasi tertinggi dari orang yang kita pimpin. Kalo kata mentor saya, itu namanya SENI MENGAPRESIASI, kalo saya simpulkan, memang mengapresiasi itu seni, karena karya seni itu indah dan seni itu mengindahkan. Mengapresiasi itu memperindah kualitas sebuah hubungan, dan hasil dari kita mengapresiasi akan memperindah hidup kita..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s