Sedekah Pemberdayaan

Dewasa ini banyak bermunculan tokoh-tokoh “sedekah”, baik berlatarbelakang ustadz seperti Yusuf Mansyur, motivator seperti Ippho Santosa dan Jamil Azzaini, maupun pengusaha seperti Saptuari dengan Gerakan Sedekah Rombongan dan Masmono dengan gerakan Makelar Sedekah. Salut dengan gerakan sedekah besar-besaran ala mereka, baik dikumpulkan lewat seminar, twitter, dan lain sebagainya. Bahkan tidak tanggung-tanggung uang yang mereka keluarga apabila dikalkulasi mencapai miliyaran Rupiah.

Tentu gerakan tersebut bukan gerakan skala kecil, namun sebuah kebaikan berjama’ah, jama’ahnya-pun cenderung bertambah tiap harinya, memang previlage dari Tuhan untuk mereka yang bersedekah sudah dijanjikan di kitab manapun. Itulah mengapa setiap Agama mengajak tiap umatnya untuk menjadi kaya karna peluang untuk sedekah lebih besar dibandingkan orang miskin.

Namun fenomena ini berbanding terbalik dengan kondisi sosial ekonomi Indonesia, dimana angka kemiskinan masih tinggi, menurut Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, sampai akhir 2012, angka kemiskinan di Indonesia mencapai 11,96 persen. Apabila angka tersebut dikonversikan ke jumlah penduduk, maka ditemukan angka 29,13 juta jiwa pendudukb seperti dikutip di tempo.co. Nah inilah yang harus kita cermati, sejauh mana korelasi gerakan sedekah terhadap angka kemiskinan ?

Rupanya, ada satu hal yang dilupakan oleh para sedekah-holic yaitu PEMBERDAYAAN. Pemberdayaan yang dimaksud disini adalah sedekah bukan hanya soal memberi, hanya aktifitas filantrofi saja. Namun rupanya pemberdayaan dan pendampingan itu lebih penting, coba bayangkan apabila kita bersedekah kemudian kita mendampingi orang-orang yang kita sedekahkan untuk membuat sebuah usaha untuk kemudian memunculkan para sedekah-holic baru ? Sedekah tetep jalan, masyarakat makin kaya, para pelaku sedekah makin banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s