Never Ending Learning

Sekarang saya tergabung di sebuah komunitas pendampingan bisnis UKM, Jaringan Rumah Usaha, salah satu aktifitas yang terus dikembangkan secara internal adalah Sinau Bareng (dalam bahasa Indonesia : Belajar bersama), setiap hari ada kelas-kelas pengembangan kompetensi yang diikuti oleh keluarga JRU secara rutin dan sesuai dengan minat mereka dengan didampingi fasilitator yang kompeten di bidangnya.

Kebetulan kompetensi saya adalah Bahasa Inggris terutama percakapan, jadi saya memfasilitasi para anggota JRU untuk belajar bahasa Inggris. Tak disangka ketika pertama bertemu dengan peserta kelas, mereka rata-rata adalah ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah memiliki anak. Untuk orang seusia mereka banyak yang merasa tidak pantas untuk belajar lagi.

Tapi siapa sangka, justru sangat mengejutkan ketika mereka secara aktif dan bergembira mengikuti kelas demi kelas, bayangkan ibu-ibu dan bapak-bapak belajar bahasa Inggris dengan percaya diri walaupun terbata-bata. Mereka juga belajar desain grafis dengan photoshop. Ini langka menurut saya karena mereka tak lagi muda dan semangat belajar masih sangat membara. mereka dengan keingintahuan yang tinggi mengikuti kelas demi kelas tanpa ragu dan selalu happy dengan pilihan tersebut.

Ketika saya tanya salah satu motivasi mereka (salah satu peserta kelas bahasa Inggris) adalah untuk mendidik anak-anak mereka untuk terbiasa berbahasa Inggris dirumah. “kami ingin anak kami bisa berbahasa inggris dalam kesehariannya, untuk itu saya harus bisa menjadi partner belajar mereka”. Salah satu peserta juga pernah bertutur “belajar tidak mengenal usia, mungkin bagi saya tidak banyak manfaatnya tapi bagi anak-anak kami ini besar pengaruhnya”

Mari kita belajar dari hal tersebut, bahwa hidup adalah proses belajar, bahwa belajar tidak mengenal usia, belajarlah seumur hidup kita!

Leave a Reply

