Belajar Ilmu Ikhlas

Ikhlas, mudah diucapkan tapi tidak mudah diimplementasikan, kali ini saya belajar dari seorang kawan. Kurniawan Akbar namanya, public speaking kompetensinya. Suatu ketika saya dan beberapa teman mendapatkan amanat untuk menyelenggarakan Road to Global Youth Forum yang disupport PBB melalui UNFPA di kota Semarang. Makin dekat hari-H, saya sebagai penanggungjawab acara harus mencari MC untuk acara tersebut. Kami banyak menawarkan kesempatan nge-MC tapi banyak menolak dengan berbagai alasan, ada juga yang tidak memberi respon karena memang kita tidak memberikan fee MC kecuali makan siang, snack, dan kaos. Ya, mungkin kalo dinominalkan itu seharga 75ribu.

Setelah putar otak, kenapa tidak memanfaatkan teman dekat ? Akhirnya dipilihlah Wawan (sapaan akrab Kurniawan Akbar) sebagai MC, tanpa bayaran, Alhamdulillah dia ikhlas dan happy nge-MC di acara tersebut. Beberapa bulan setelah acara tersebut, kami mendapat kabar kalau semua panitia lokal diundang ke Jakarta untuk mengikuti event Global Youth Speak Out sebagai acara puncak acara Road to Global Youth Forum secara gratis, tiket pesawat Garuda Airlines PP, menginap di hotel bintang empat, mendapat uang pesangon juga yang nominalnya cukup besar.

Mengejutkan,  nama Kurniawan Akbar tercantum padahal dia bukan panitia, sekedar menjadi MC, gratis alias tanpa bayaran. Dari sana saya belajar bahwa ketika kita ikhlas membantu teman, maka tangan Tuhan yang akan memberikan balasan tanpa batas yang tak terhingga. Belajar ilmu ikhlas dari seorang kawan saya tersadar bahwa kebaikan tidak selalu bisa dinominalkan. Cukup memberi tak berharap kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s