Networking is Investment

Komunitas Jaringan RumahUSAHA bersama Sandiaga Uno

Dari Anas bin Malik RA berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa yang ingin rizqinya diperluas dan umurnya ditambah, maka hendaklah ia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Nilai-nilai bersilaturahim ini saya dapatkan dari Abi (re:Ayah). Sewaktu kecil, saya sering diajak berkeliling desa hanya untuk mengunjungi kolega-kolega Abi. Entah apa hubungan dengan keluarga kami, yang saya tahu, Abi begitu akrab dan cair membicarakan banyak hal.

Apa yang sejak dulu ditanamkan orang tua saya ternyata membekas sampai sekarang. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi. Salah satu yang banyak merubah cara pandang saya adalah AIESEC. Salah satu organisasi internasional yang memiliki jejaring di lebih dari 110 negara. Peran terakhir saya di AIESEC pada tahun ketiga kuliah di Undip adalah sebagai Vice President of External Relations, yang mana salah satu fungsinya adalah membangun jejaring dengan stakeholder. Saat itu, mayoritas kegiatan saya adalah banyak bertemu orang baru, apapun profesi dan latar belakangnya. Niat saya pada waktu itu sederhana, yang penting saya bisa jaga silaturahim dengan orang-orang yang saya temui, Inshaa Allah apapun yang saya kerjakan berkah dan bernilai.

Menjaga silaturahim berbeda dengan ‘sekedar’ berkenalan dengan orang baru, memanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau organisasi dan di kemudian hari dilupakan karena ‘sudah tidak butuh’ (ini masih sering saya temui di beberapa organisasi termasuk AIESEC). Percayalah bahwa menjaga networking itu punya nilai lebih. Saya mengalaminya. Waktu menjabat sebagai VP External Relations, saya berkenalan dengan salah satu tokoh wirausaha di Semarang. Beberapa kali saya datang ke forum-forum yang beliau dan komunitasnya selenggarakan. Mulailah kami sering bertegur sapa di forum dan berlanjut ke media sosial twitter.

Singkat cerita setelah saya purna tugas di AIESEC, di beberapa kesempatan saya menghadiri forum dimana beliau sebagai narasumber. Karena ketertarikan saya dengan dunia kewirausahaan, mencobalah saya bertukar pandang dengan beliau, sekali dua kali bertandang ke rumah beliau, saya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas yang beliau dirikan beberapa tahun silam. Saat ini, beliau adalah mentor sekaligus yang ikut memodali saya berbisnis yang saat ini menjadi keran rejeki untuk saya dan karyawan kami di DIJIMEDIA Studio Komunikasi Visual, bisnis yang saya rintis setahun lalu. beliau adalah iLik sAs dan komunitas Jaringan RumahUSAHA-nya.

Jalin dan Jagalah Silaturahim.

Tuhan tak pernah ingkar janji bagi mereka yang meyakini.

One thought on “Networking is Investment

Leave a Reply

